Rancangan Pekerjaan
Rancangan pekerjaan didefinisikan sebagai proses pengorganisasian
pekerjaan ke dalam tugas-tugas yang diperlukan untuk melakukan sebuah pekerjaan
(Gomez-Mejia, dkk, 2004)
Tiga Hal Penting dalam Merancang Sebuah
Pekerjaan
•
Analisis alur
kerja (work flow analysis)
•
Strategi
bisnis yang diambil
•
Bagaimana
struktur organisasi yang paling tepat dengan strategi tersebut
Lima Pendekatan dalam Merancang
Pekerjaan
•
Penyederhanaan
Pekerjaan
•
Pemekaran
Pekerjaan
•
Perotasian Pekerjaan
•
Pemerkaya
Pekerjaan
•
Desain
Pekerjaan
Analisis Pekerjaan
Menganalisis pekerjan merupakan proses pengumpulan informasi yang akan
digunakan dalam membuat keputusan tentang pekerjaan. Hal ini dilakukan dengan
mengidentifikasi tugas, kewajiban, dan tanggung jawab dari pekerjaan tersebut
Mendeskripsikan Pekerjaan
Menuangkan hal yang telah
diidentifikasikan, dijelaskan, dan didefinisikan oleh analisis pekerjaan ke
dalam sebuah dokumen tertulis disebut dengan deskripsi pekerjaan.
Dua Jenis Deskripsi
Pekerjaan
•
Deskripsi
pekerjaan secara khusus
•
Deskripsi
pekerjaan secara umum
Empat Elemen Penting
Deskripsi Pekerjaan
•
Identifikasi
informasi
•
Ringkasan
pekerjaan
•
Kewajiban dan
tanggung jawab pekerjaan
•
Spesifikasi
pekerjaan dan kualifikasi minimum