Site Translator

Google

Jumat, November 30, 2012

MANAJEMEN OPERASIONAL

Manajemen Operasional adalah:
Kegiatan untuk menciptakan nilai produk baik berupa barang maupun jasa melalui proses transformasi input menjadi output.
berlaku untuk berbagai macam produsen barang seperti elektronik, garmen, otomotif, demikian pula berlaku juga bagi produsen jasa seperti media masa, hiburan, pendidikan, konsultan


Fungsi:
Fungsi Pemasaran (Marketing Function)
  Berhubungan dengan pasar untuk dapat menciptakan permintaan dan pada akhirnya menyampaikan produk yang  dihasilkan ke pasar.
Fungsi Keuangan (Finance Function)
  mengelola berbagai urusan keuangan didalam perusahaan maupun perusahaan dangan fihak luar perusahaan.
Fungsi Produksi atau Operasi (Operation Function) berkaitan dengan penciptaan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.



YANG DILAKUKAN OLEH MANAJER
OPERASIONAL DAN LINGKUP TANGGUNG JAWABNYA ?  


Desain barang dan jasa.
  Keputusan ini menyangkut sebagian besar proses transformasi yang akan dilakukan
Manajemen Kualitas.
Desain proses dan kapasitas.
4. Strategi lokasi
5. Strategi layout
  berdampak pada efisiensi dan efektifitas kegiatan oprasional.
Sumber daya manusia dan desain pekerjaan
Manajemen Rantai Pasokan. (Supply Chain Management
  menjelaskan apa yang akan pentingnya integrasi antara perusahaan itu sendiri dengan  pihak supplier maupun distributor karena adanya interdependensi.
Manajemen Persediaan
  persediaan yang tepat akan menentukan efisiensi dan efektifitas perusahaan.
Penjadwalan
  jadwal operasional merupakan hal kritir yang harus benar-benar dimengerti karena sangat menentukan sekali bagi perusahaan.
Pemeliharaan
  Keputusan yang dibuat harus dengan system yang handal dan stabil


Tingkat Pekerjaan:
 
Manajer Pabrik (Plant Manager)
  yang biasanya harus berpengalaman dalam manajeman pabrik termasuk keahlian di bidang perencanaan produksi, manajemn pembelian, manajemen persediaan, termasuk pula pengelolaan karyaan di operasional maupun pengelolalaan sumber daya lainnya yang dipergunakan di pabrik.
Direktur Pembelian (Director of Purchashing)
  harus memiliki pengetahuan yang menyeluruh mengenai fungsi pembelian, kemmapuan menelaah program penjualan, mengintegrasikan atau membuat keterkaitan dari supplier sampai distributor, mengkoordinasi aktifitas operasi.
Manajer Mutu (Quality Manager)
  mempunyai pandangan yang luas mengenai konsep statistic untuk dapat melakukan pengawasan semua asprk operasional karena kualitas merupakan tanggung jaewab secara bersama diantara semua pihak yang terlibat dalam perusahaan terutama fungsi operasional.
Konsultan Perbaikan Proses (Process Improvement Consultants)
  harus memiliki keahlian yang berkaitan dengan desain proses sehingga dapat memberikan berbagai konsultasi mengenai perbaikan proses untuk operasi perusahaan.
Manajer dan perencana Rantai Pasokan (Supply Chain Manajer and Planner)
  bertanggung jawab mengenai negosiasi kontrak jangka panjang antara perusahaan dengan supplier maupun distributor sehingga harus mempunyai keahlian tentang Material Requirement Planning, Supply Chain Management, Teknologi komunikasi canggih dalam duania bisnis, konsep penjadwalan dan persediaan.